Pages

Monday 28 April 2014

Apa itu Ilmu Komputer?


"Computer Science is no more about computers than Astronomy is about telescopes." ~ Edsger W. Dijkstra


Apa itu Ilmu Komputer? Sering kita mendengar istilah Ilmu Komputer (atau Computer Science) dan Teknologi Informasi, tapi kalau dihadapkan dengan pertanyaan tadi banyak orang kesusahan memberikan jawaban yang tepat.

Nah, disini saya mencoba mengumpulkan informasi untuk menjawab pertanyaan apa itu Ilmu Komputer dan sekaligus menjabarkan beberapa hal yang terkait dengan Ilmu Komputer. Sebenarnya saya lebih suka menggunakan istilah Computer Science, tapi karena artikel ini berbahasa Indonesia ya sudah saya pakai istilah Ilmu Komputer.

Menurut definisi yang tertera pada website George Washington University (GWU), Ilmu Komputer adalah ilmu yang digunakan untuk menyelesaikan persoalan dengan media sebuah komputer. Pada artikel tersebut juga ditekankan bahwa Ilmu Komputer bukan ilmu yang mempelajari penggunaan perangkat lunak; penulisan artikel di website; ataupun perancangan komputer menurut kriteria harga tertentu, namun lebih pada pembahasan prinsip pembangunan perangkat lunak; algoritma yang digunakan dalam sebuah game atau perangkat lunak lain; interaksi antara manusia dan komputer (baik perancangan maupun efeknya); teknologi dan arsitektur komputer; dan juga jaringan komputer.

Di halaman lain dari website GWU dijelaskan pula bahwa Ilmu Komputer membahas semua pondasi teoritis dari informasi dan komputasi, serta teknik praktis dalam usaha penerapan pondasi-pondasi tersebut. Dapat diambil kesimpulan bahwa Ilmu Komputer tidak hanya tentang teori-teori yang berkaitan dengan pemecahan masalah dengan komputer tetapi juga penerapan teori-teori tersebut.

Penjelasan lain yang senada dengan penjabaran diatas dapat dilihat di website Michigan Tech University. Penggunaan istilah "the science of problem solving" untuk menggambarkan Computer Science saya rasa sangat tepat, secara tujuan utamanya adalah perancangan dan pemanfaatan komputer untuk menyelesaikan masalah secara efektif dan efisien.

Ilmu Komputer sendiri berkaitan sangat erat dengan disiplin ilmu lain seperti matematika, teknik, linguistik, ilmu-ilmu alam, dan disiplin ilmu lainnya. Penerapan ilmunya juga sangat luas mulai dari bidang riset, komunikasi, analisis data, pengambilan keputusan, kesehatan, simulasi, navigasi, transportasi, dan masih banyak lagi. Salah satu contoh bidang yang berkembang setelah adanya penerapan Ilmu Komputer pada disiplin ilmu lain adalah Bioinformatika, yaitu ilmu untuk mengumpulkan dan menganalisis data biologis berupa kode-kode genetika.

Ilmu Komputer dibagi menjadi beberapa core area yang juga menjadi pedoman untuk spesialisasi (akan saya bahas pada artikel selanjutnya). Orang yang mempelajari dan mendalami Ilmu Komputer kemungkinan besar akan mengambil spesialisasi/fokus di bidang tertentu, jadi jangan heran kalau ada ahli Ilmu Komputer jago di suatu bidang tapi hanya sekedar tahu atau bahkan tidak paham sama sekali di bidang lainnya. 

Apabila anda menanyakan...

"Kamu kuliah di Ilmu Komputer kan? Bisa installin komputerku?"
"Bisa benerin laptopku?"
"Kamu bisa sambungin komputerku ke internet kan?"
"Bisa benerin mesin fotokopi yang rusak itu?"
"Komputer yang murah dan bagus apa ya?"
"Ah, masak anak Ilmu Komputer gak bisa benerin komputer."
"Bisa jungkir balik sambil salto?"

....pada seorang ahli di bidang Ilmu Komputer, berdoalah semoga dia tidak menatap kosong, melongo, mengerutkan dahi, memasang muka aneh, tersinggung, marah, atau berkelakuan ganjil setelahnya. Hehehe...

Nah, sekian pembahasan singkat tentang apa itu Ilmu Komputer, apabila ada pertanyaan atau ada ketidakjelasan silakan tinggalkan komentar. See you and have a nice code!

2 comments:

  1. memanaskan suasana ini sepertinya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak juga, ini sebenarnya catatan bagi diri sendiri yang mempertanyakan:

      "sakjane aku ki kuliah opo to?"

      translate:

      "sebenarnya aku tu kuliah apa sih?"

      ...dan baru bener-bener terjawab sekarang. Anyway, makasih lho sudah disempatkan mampir dan menulis komentar. Thank you, come again. :)

      Delete