Pages

Tuesday 16 September 2014

Bacaan Dzikir Setelah Shalat

Siapa yang setelah shalat fardhu sukanya langsung nggeblas bin njranthal alias langsung bubar beranjak meninggalkan tempat shalat, hayo? Padahal kita sebenarnya disunnahkan untuk berdzikir setelah selesai shalat fardhu lho. 

Nah, karena telah disunnahkan untuk berdzikir dan berdoa setelah shalat, maka ada baiknya setelah shalat fardhu sebisa mungkin kita sempatkan untuk menjalankan sunnah tersebut. Boleh kita meninggalkan sunnah apabila terpaksa, karena yang namanya tidak menjalankan sunnah memang tidak berdosa akan tetapi kita rugi karena telah melewatkan pahala yang sebenarnya bisa kita dapatkan (dengan relatif mudah).

Berikut bacaan dzikir yang dapat dibaca setelah shalat fardhu:

(3x) أَسْتَغْفِرُ اللهَ
“Aku minta ampun kepada Allah,” (3x)


اَللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ، وَمِنْكَ السَّلاَمُ، تَبَارَكْتَ يَا ذَا الْجَلاَلِ وَاْلإِكْرَامِ

“Ya Allah, Engkau pemberi keselamatan, dan dariMu keselamatan, Maha Suci Engkau, wahai Tuhan Yang Pemilik Keagungan dan Kemuliaan.”

Bacaan dzikir di atas sesuai dengan tuntunan dalam HR. Muslim 1/414, no. 591"Jika selesai shalat, Rasulullah SAW beristighfar tiga kali dan membaca Allahumma antas salaam wa minkas salaam tabaarokta yaa dzal jalaali wal ikrom."


Setelah itu bisa dilanjutkan dengan membaca:

(33x)سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَاللهُ أَكْبَرُ

"Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, dan Allah Maha Besar" (33x)

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ

"Tidak ada Rabb (yang berhak disembah) kecuali Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagiNya. BagiNya kerajaan. BagiNya pujaan. Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu.”

Bacaan dzikir di atas sesuai dengan HR. Muslim 1/418, no. 597: "Siapa yang setelah shalat bertasbih sebanyak 33x, bertahmid sebanyak 33x, bertakbir sebanyak 33x maka itulah bilangan sembilan puluh sembilan, lalu sebagai penyempurna keseratusnya membaca: Laa ilaha illallah wahdahu laa syariika lah. Lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qodiir, maka akan diampuni dosa-dosanya walaupun sebanyak buih di lautan ."

Ada pula redaksi yaitu HR. Muslim no. 596 yang membagi pembacaan tasbih, tahmid, dan takbir secara terpisah-pisah dan menggenapkan takbir menjadi tiga puluh empat kali hingga jumlah totalnya menjadi seratus bacaan:
 (33x)  سُبْحَانَ اللهِ
"Maha Suci Allah" (33x)
 (33x) وَالْحَمْدُ لِلَّهِ
"Segala puji bagi Allah"(33x)
 (34x)وَاللهُ أَكْبَرُ
"Allah Maha Besar" (34x)

Ka'ab bin Ajirah, ra, dari Rasulullah SAW beliau bersabda, "Tasbih yang terletak setelah shalat dan tidak akan mengecewakan orang yang membacanya atau melakukannya, (dibaca) setelah selesai shalat fardhu; 33x tasbih, 33x tahmid, 34x takbir."

Setelah selesai berdzikir dapat dilanjutkan dengan berdoa sesuai keinginan, jangan lupa juga doa-doa yang penting seperti mendoakan kedua orang tua dan kebaikan dunia akhirat. Untuk macam-macam dzikir lain bisa dilihat di situs ini. Cukup mudah diamalkan kan? Semoga bermanfaat dan tetap semangat!


Sumber dan referensi: 
- Petunjuk Lengkap Tentang Shalat - Sa'id bin Ali bin Wahf Al-Qahtani (terj: Abdullah Haidir)

No comments:

Post a Comment